Banjir
Banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
Penyebab terjadinya banjir karena sungai yang meluap. Sungai meluap karena tidak dapat menampung air hujan yang cukup banyak tersebut dan karena sungai itu sudah penuh dengan sampah-sampah yang menumpuk. Sampah tersebut berasal dari limbah rumah tangga yang dibuang begitu saja di sungai. Para warga sama sekali tidak tau bahwa jika saat musim hujan nanti sungai akan meluap dan rumah warga akan terendam oleh banjir.
Biasanya saat musim hujan banjir akan menggenang rumah para warga lalu para warga harus mengungsi di tempat pengungsian. Mereka sangat membutuhkan pakaian, bahan makanan, tempat berlindung, dan barang apa saja yang mereka butuhkan. Banjir juga mengakibatkan beberapa penyakit yaitu penyakit gatal-gatal, kulit, diare,dan lain-lain.
Ada berbagai cara untuk menanggulangi banjir, antara lain: membuang lubang-lubang serapan air, memperbanyak ruang terbuka hijau, mengubah perilaku masyarakat agar tidak lagi menganggap sungai sebagai tempat untuk membuang sampah, dan lain-lain. Semua cara tersebut tidak dapat di lakukan hanya oleh pemerintah atau per-orangan tetapi harus membutuhkan kerja sama antara pemerintah dengan masyarakat.
Memperbanyak ruang terbuka hijau artinya kita harus memperbanyak tempat penghijauan karena pada saat ini banyak sekali hutan yang di tebang lalu dijadikan tempat pemukiman warga. Lalu tidak ada lagi yang akan menyerap air hujan karena sudah tidak ada hutan yang akan menyerap air hujan tersebut.
Mengubah perilaku masyarakat agar tidak lagi menganggap sungai sebagai tempat untuk membuang sampah bertujuan supaya pada saat musim hujan air sungai tidak meluap. Sampah - sampah  tersebut menyumbat aliran sungai sehingga sungai meluap.
Maka dari itu kita harus menjaga lingkungan kita supaya kita terhindar dari bencana-bencana alam salah satunya banjir. Supaya kita terhindar dari banjir ayo jangan menebang pohon sembarangan, lakukan reboisasi, membuang sampah pada tempatnya, dan bermacam-macam hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga lingkungan. Mari jagalah lingkungan kita.


Aretha safira  7A/6   



0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Popular Posts