BANJIR
Saat ini ibu kota negara kita sedang terkena musibah banjir. Banjir juga menggenangi beberapa daerah di Indonesia. Salah satunya di Jawa Tengah tepatnya di daerah Kendal,Jepara,Demak,Kudus & Pati. Mereka yang rumahnya terendam banjir kebanyakan mengungsi ke daerah yang tidak banjir. Selain mereka kehilangan tempat tinggalnya mereka juga kekurangan air bersih. Selain itu mereka hanya mempunyai baju yang mereka pakai saja maka yang mereka butuhkan saat ini adalah sembako,baju untuk bayi atau orang dewasa,dan perlengkapan untuk bayi.
Apakah kalian tau apa penyebab terjadinya banjir? Penyebab terjadinya banjir antara lain membuang sampah sembarangan,penebangan pohon secara liar,tidak dilakukannya reboisasi dll. Membuang sampah sembarangan sangat erat kaitannya dengan bencana banjir. Karena membuang sampah sembarangan apalagi di sungai atau di selokan air dapat membuat saluran air dan sungai menjadi penuh dengan sampah. Karena penuh dengan sampah saluran air dan sungai menjadi tersumbat dan pada saat hujan saluran air dan sungai tidak dapat menampung air hujan tersebut sehingga air meluap dan terjadilah banjir. Sama dengan membuang sampah sembarangan penebangan pohon secara liar dan tidak melakukan reboisasi juga menjadi penyebab terjadinya banjir. Jika pohon selalu ditebang tanpa ada reboisasi maka di daerah tersebut tidak ada daerah resapan air. Sehingga air hujan tidak bisa diserap oleh tanah. Dan air tersebut turun dari daerah yang tinggi ke daerah yang rendah. Dan berkumpul di daerah rendah lalu air tersebut menggenang dan terjadilah banjir.
Apakah kalian apa dampak dari musibah banjir? Selain masyarakat yang terkena banjir kehilangan tempat tinggal,mereka juga bisa terkena penyakit. Seperti penyakit kulit, demam berdarah dan lainnya. Selain itu lalu lintas akan terganggu, kendaraan yang melintas di daerah banjir akan mogok dan terpaksa mendorong kendaraannya hingga sampai tujuan. Pasokan air bersih akan berkurang. Air sungai yang masih bersih jika terkena banjir akan menjadi kotor kanrena air banjir itu kotor. Perjalanan ke tempat tujuan menjadi tergangggu karena banyak jalan di tutup karena banjir. Selain itu banyak lagi dampak yang terjadi akibat banjir.
Banjir tidak melulu akibat dari perbuatan masyarakat yang tidak bertanggung jawab. Pemerintah juga seharusnya bisa mencegah masyarakat membuang sampah sembarangan. Bisa dengan cara menempatkan tempat sampah di beberapa titik di pinggir jalan raya. Menetapkan peraturan agar masyarakat membuang sampah pada tempatnya, jika melanggar akan terkena denda. Pemerintah juga bisa melakukan reboisasi agar lahan yang kosong di tanami pohon. Pemerintah juga bisa mengajak masyarakat untuk menanam pohon di halaman depan mereka.
Tidak hanya pemerintah yang harus melakukan reboisasi. Masyarakat pun juga harus melakukan reboisasi. Masyarakat bisa melakukan reboisasi dengan cara menanam pohon di halaman rumah mereka. Masyarakat juga harus sadar kalau membuang sampah sembarangan akan berakibat buruk pada diri mereka sendiri maupun bagi lingkungan mereka.
Masyarakat yang tidak terkena banjir bisa membantu mereka yang terkena musibah banjir dengan mengirimkan beberapa sumbangan apapun itu. Pemerintah pun sama, juga harus bahkan wajib membantu masyarakatnya yang terkena banjir. Jika kita tidak sanggup memberikan bantuan kepada mereka, kita bisa membantu mereka dengan doa agar mereka diberi kesabaran dalam menghadapi musibah ini
Betapa ruginya kita jika kita terkena musibah banjir. Banyak yang harus kita korbankan. Oleh karena itu kita Harus mengurangi banjir dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, melakukan reboisasi,tebang pilih dan masih banyak lagi. Jika hanya pemerintah yang bekerja keras untuk mengurangi banjir, tapi jika masyarakatnya tidak, maka banjir tidak akan berkurang tapi akan terus tejadi apalagi saat musim hujan tiba. Dengan berhentinya banjir lingkungan akan menjadi bersih. Oleh karena itu marilah kita ikut berjuang bersama pemerintah agar banjir berkurang dan tidak terjadi lagi.
Oleh :
Fadhila Rahma Salsabila 7A / 9




0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Popular Posts