Banjir Yang Melanda Jawa Tengah
               Musim hujan telah tiba ! Hampir setiap hari hujan melanda kota Semarang, dari pagi hingga malam air turun bersama angin yang berhembus kencang.
               
                Salah satu tempat yang dilanda banjir adalah daerahTawang khususnya di stasiun Tawang. Ketinggian banjir mencapai tempat kursi kursi yang ada di area tunggu stasiun Tawang. Banyak penumpang khususnya jurusan Jakarta dan Surabaya yang sudah ke stasiun tawang hanya dilayani untuk pembelian tiketsetelah itu perjalanan akan dialihkan melalui stasiun Poncol.Sehingga kereta yang melewati Stasiun Tawang harus berjalan pelan pelan.Peneyebab tejadinya banjir di daerah tawang adalah karena rob.
               
                 Rob adalah penurunan ketinggian tanah dari tahun ke tahun. Daerah tawang setiap tahun mengalami rob sebesar 2-3 cm per tahun. Hal ini disebabkan kerena dulunya semarang bawah adalah sebuah perairan yang pendam dengan tanah untuk menjadikan sebuah daratan.
              
                 Kabupaten dan kota di Jawa Tengah yang terendam banjir adalah kabupaten 
Batang,dan kota yang terendam banjir adalah Jepara,Kudus,dll.
              
                 Untuk  mencegah nya setidak nya diberi tanggul,pengerukan sungai,bergotong royong untuk membersihkan kali,membuang sampah pada tempat nya.Pencegahan ini membutuhkan kesadaran masyarakat dan jangan hanya menyalahkan pemerintah.
               
                  Daerah Semarang bagian bawah khususnya daerah Tawang, seharunya meninggikan lagi daerah yang terkena rob karena hanya itu yang bisa untuk mencegah terjadinya banjir rob di kemudian hari. 
                  
                  Dan yang harus di garis bawahi tadi masyarakat harus ikut membantu menanggulangi banjir dan dimulai dari hal yang kecil saja seperti membuang sampah pada tempat nya.Kalau di Indonesia banyak yang banjir pasti akan mengalami inflansi dan rakyat miskin susah membeli bahan pokok.
karya:adam alief priyadi/7A
                      

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Popular Posts