BANJIR

Banjir adalah bencana yang biasanya terjadi pada saat musim hujan. Banjir terjadi karena banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan, lama kelamaan kegiatan itu menjadi kebiasaan masyarakat. Lalu sampah mulai menumpuk dan saat musim hujan, sampah itu membuat banyak selokan tersumbat. Dan air yang seharusnya masuk ke selokan meluap, karena banyak sampah yang menutupi jalan air menuju ke selokan. Selain sampah yang menumpuk, banjir juga dapat terjadi karena penebangan liar.
Banyak kerugian yang disebabkan oleh banjir, yaitu ada banyak rumah-rumah yang warga yang terendam banjir. Jika hujan terus menerus, air banjir menjadi bertambah tinggi dan akhirnya merendam rumah-rumah warga.
Yang kedua, banyak barang-barang yang hanyut tebawa oleh air banjir. Karena arus air banjir yang cukup kuat. Yang ketiga, banyak warga yang terkena penyakit, contohnya Diare, Sakit perut, Penyakit kulit, gatal-gatal. Karena air banjir adalah air yang kotor dan bercampur dengan kuman.
Banyak cara untuk mencegah banjir, salah satunya adalah membuang sampah pada tempatnya. Kita juga dapat melakukan Reboisasi, Reboisasi adalah upaya penanaman pohon untuk mengembalikan fungsi hutan. Selain itu, dapat juga dilakukan pembersihan selokan-selokan yang dekat dengan lingkungan rumah. Hal ini dilakukan agar saluran air tetap lancar.
Bila hujan derah turun cukup lama, pantau terus keadaan melalui televisi atau radio. Jika tanda-tanda banjir sudah terlihat, siapkan barang-barang untuk mengungsi. Ikuti perintah dari tim evakuasi.
Maka dari itu, kita harus memulai untuk menjaga lingkungan. Agar kita terhindar dari becana banjir.

Oleh : Farrah Cira Aydina
7A / 10


0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Popular Posts