B A N J I R
Oleh : Salfa Diaz/7A/22


Pengertian banjir adalah peristiwa tergenang dan terbenamnya daratan, karena volume air yang meningkat. Banjir dapat terjadi karena luapan air yang berelebihan disuatu tempat akibat hujan besar ,peluapan air sungai atau pecahnya bendungan sungai.

Saat musim penghujan tiba hujan bisa turun terus menerus,sehingga air pun semakin banyak memenuhi sungai dan saluran – saluran air, kalau sungai sudah dangkal dan dipenuhi sampah , maka banjir bisa terjadi.
Banjir banyak terjadi dimana-mana diwilayah indonesia, baik di kota–kota besar seperti Jakarta,bandung,Semarang dan dibeberapa wilayah Indonesia lainnya maupun di daerah-daerah seperti Pekalongan,Kudus dan daerah-daerah lain.

Terjadinya banjir sangat dipengarui faktor alam berupa curah hujan yang diatas normal dan adanya pasang surut air laut .Disamping itu faktor ulah manusia juga berperan penting seperti penggundulan hutan ,pembangunan didaerah resapan ,membuang sampah kedalam sungai ,pembangunan  pemukiman didaerah dataran banjir dan sebagainya.

Pada saat banjir terjadi kerugian terjadi dimana-mana,masyarakat yang terkena  banjir banyak yang mengungsi,mereka tinggal ditempat-tempat pengungsian dengan fasilitas yang sangat tidak memadai,kedinginan,berhimpit-himpitan dan kotor.penyakitpun berdatangan terutama anak-anak kecil dan lanjut usia,bantuan dan tindakan pemerintah sangat dibutuhkan,namun demikian bantuan dan tindakan dari pemerintah sering datang terlamabat,bahkan di daerah-daerah musibah banjir yang yang sulit dijangkau transportasi bantuan dan penanganan korban bencana banjir sangat lambat bahkan banyak yang tidak mendapat pertolongan.Para korban banjir kesulitan makanan,air bersih,sanitasi dan tempat tinggal.

Banjir juga bisa disebabkan oleh faktor alam seperti badai dan gempa bumi akbar

Akibat dari banjir selain menurunnya kesehatan masyarakat juga bisa mengakibatkan wabah penyakit menular,munculnya berbagai kerawanan sosial dan menurunnya kesejahteraan masyarakat.
Jangka panjang akibat dari banjir adalah gangguan terhadap jaringan jalan,listrik,telekomonikasi,perdagangan dan lain-lain,juga genangan air dipemukiman penduduk yang terkena banjir,lebih memprihatinkan,hilangnya lahan budidaya seperti sawah,kolam ikan,tambak dan lain-lain

Dengan demikian maka banjir harus segera diatasi dengan cara mencegah terjadinya banjir,selain pemerintah tapi tidak ada salahnya kalau pencegahan banjir dimulai dari diri kita masing-masing.
Marilah kita mulai membuang sampah pada tempatnya,menanam pohon dan rumput dihalaman rumah dan rajin membersihkan selokan rumah dan lingkungan,agar bisa mengurangi bencana banjir yang melanda dihampir seluruh wilayah di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Popular Posts