Masalah Banjir

Oleh: Ahmad Baihaqi Salam 7A/2
Banjir di Semarang
     Banjir adalah suatu kejadian dimana air menutupi daratan secara luas yang seharusnya tidak digenangi air seperti jalan beraspal,rumah,gedung,sekolah,kantor,warung,taman,pedesaan,dan beberapa bangunan yang lain.
      Banjir disebabkan oleh selokan,sungai,dan saluran air yang tersumbat sampah yang dibuang oleh warga.Penyebab baniir lainnya adalah kurangnya daerah resapan air seperti rawa dan banyaknya pohon-pohon yang ditebang oleh manusia sehingga air tidak dapat masuk kedalam tanah.
     Banjir telah menggenangi kota Semarang khususnya daerah Semarang bawah seperti Pasar Johar,Mangkang,dan Tawang.Tentunya hal ini menyebabkan beberapa jalan rusak,Stasiun Tawang tidak dapat beroprasi,dan tentunya keresahan dari warga setempat.
       Sebaiknya warga kota Semarang khususnya daerah Semarang bawah sadar akan kebersihan dengan melakukan kerja bakti secara rutin dan dukungan pemerintah untuk mengambili sampah yang ada di TPS terdekat dari warga.


      Bukti kesadaran warga untuk menjaga kebersihan ada pada warga kelurahan Gajah Mungkur,kec Gajah Mungkur,Semarang yang melakukan kerja bakti membersihkan sampah setiap 2 bulan sekali.Bukti bahwa pemerintah membantu menjaga kebersihan ada pada daerah Ngesrep,Banyumanik,Semarang yang setiap pagi mengambili sampah yang ada di tempat sampah pinggir-pinggir jalan.  




 Oleh          : Hayyu Adenia Andarini (7A/11)
Banjir
      
      Banjir sudah mulai melanda kota-kota di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan. Sampah-sampah yang dibuang sembarangan dapat menyumbat saluran air dan pada saat musim hujan seperti ini, air akan meluap naik akibat saluran yang tersumbat. Banjir sangat merugikan bagi masyarakat karena membawa penyakit seperti diare, penyakit kulit, dan masih banyak lagi penyakit yang disebabkan oleh banjir. Belum lagi, korban jiwa yang selalu bertambah banyak dan harta benda yang ikut hanyut terbawa derasnya arus banjir.
            Banjir yang melanda kita saat ini tidak akan terjadi jika masyarakat lebih disiplin dalam hal membuang sampah, tidak menebang pohon secara liar dan melakukan tindakan ‘Go Green’ atau penghijauan seperti menanam pohon. Banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan padahal di tempat tersebut sudah disediakan tempat sampah.
            Dengan adanya bencana seperti ini, masyarakat dan pemerintah memberikan bantuan kepada korban banjir. Banyak sekolah-sekolah yang mulai membuat penggalangan dana ataupun mengumpulkan bantuan seperti beras, susu bayi, gula dan bahan pokok lainnya untuk korban banjir. Ada juga yang memberikan pakaian baru atau bekas yang masih layak pakai. Sedangkan bantuan dari pemerintah seperti sembako, posko pengobatan, dan mengadakan penyuluhan tentang bencana banjir. Posko pengobatan sangat berguna bagi korban. Mengingat banyak korban bencana banjir banyak yang terserang penyakit, baik penyakit ringan ataupun berat yang membutuhkan tindak lanjut dari tim medis.
            Banjir bisa melanda siapa saja termasuk kita. Bila hujan deras turun cukup lama, pantau terus keadaan melalui televisi atau radio dan jika banjir sudah terlihat siapkan barang-barang untuk mengungsi dan mengikuti perintah-perintah dari tim evakuasi. Saat mengungsi, jauhi saluran air agar kita tidak jatuh dan hanyut terseret arus banjir yang lebih deras. Dan yang paling penting, kita tidak boleh panik.
            Maka dari itu, kita yang belum terkena banjir harus melakukan hal-hal yang mencegah bencana alam salah satunya banjir dengan cara membuang sampah pada tempatnya, melakukan penanaman pohon, dan lebih memperhatikan lingkungan sekitar agar bencana banjir yang sudah melanda banyak kota di Indonesia tidak datang ke kota kita.
            




Jawa Terendam Banjir

                Musim hujan telah tiba ! Hampir setiap hari hujan melanda kota Semarang, dari pagi hingga malam air turun bersama angin yang berhembus kencang.
                Salah satu tempat yang dilanda banjir adalah daerahTawang khususnya di stasiun Tawang. Ketinggian banjir mencapai tempat kursi kursi yang ada di area tunggu stasiun Tawang. Banyak penumpang khususnya jurusan Jakarta dan Surabaya yang sudah ke stasiun tawang hanya dilayani untuk pembelian tiketsetelah itu perjalanan akan dialihkan melalui stasiun Poncol. Peneyebab tejadinya banjir di daerah tawang adalah karena rob.
                Rob adalah penurunan ketinggian tanah dari tahun ke tahun. Daerah tawang setiap tahun mengalami rob sebesar 2-3 cm per tahun. Hal ini disebabkan kerena dulunya semarang bawah adalah sebuah perairan yang pendam dengan tanah untuk menjadikan sebuah daratan.
                Jakarta, hampir setiap tahun dilanda oleh banjir. Meskipun intensitas hujan tidak terlalu deras tapi Jakarta tetap menjadi langganan banjir. Apalagi kalau banjirnya terletak di jalan raya. Hal itu akan menyebabkan kemacetan dijalan tersebut.
                Banjir disebabkan oleh sungai atau saluran irigasi yang tidak berfung si semestinya, hal itu disebabkan oleh tumpukan sampah atau penggunaan pinggir sungai sebagai hunian yang tidak semestinya. Pendangkalan kedalaman sungai sehingga harus diperlakukan normalisasi sungai. Pembangunan gedung, rumah, dan mall juga menjadi penyebab, itu menyebabkan berkuangnya daerah resapan air di Jakarta. Masih banyak lagi penyebab bencana banjir di Jakarta seperti  pintu air yang tidak berfungsi dengan baik, budaya masyarakat atau penduduk yang tidak cinta lingkungan, berkurangnya area hijau sehingga keseimbangan ekosistem terganggu. Banyak kan penyebab banjir di Jakarta!
                Daerah Semarang bagian bawah khususnya daerah Tawang, seharunya meninggikan lagi daerah yang terkena rob karena hanya itu yang bisa untuk mencegah terjadinya banjir rob di kemudian hari.
                Rakyat memerlukan kesadaran untuk ikut membantu dalam menyelesaikan permasalahan banjir tersebut dan tidak boleh hanya tergantung oleh pemerintah saja. Apabila hanya bergantung pada pemerintah saja maka penanggulangan banjir untuk kedepan tidak akan berhasil sampai kapanpun.

                Maka dari itu kita hilangkan penyebab penyebab banjir tersebut dan juga menggantinya dengan cara melalui perbaikan mulai sekarang. Dan juga untuk daerah yang belum terkena banjir supaya tetap menjaga kebersihan untuk mencegah datangnya banjir.

Oleh : M.Haidar Ulin Naja VII A/15 

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Popular Posts