Banjir

Oleh: Nabila Rahmananda Komara 7A/16


Banyaknya pohon yang ditebang membuat air hujan tidak ada yang meresap sehingga air menggenang di jalanan. Selain itu, banyaknya orang yang membuang sampah sembarangan membuat saluran air tersumbat dan juga membuat air menggenang di jalanan. Apalagi sekarang musim hujan sehingga curah hujan lebih besar daripada hujan pada musim kemarau. Hal-hal ini yang membuat banjir melanda banyak wilayah di Indonesia.
Banyak sekali wilayah di Indonesia yang saat ini sedang dilanda banjir, yaitu Jakarta, Semarang, Manado, Pati, Kudus, Demak, Pekalongan, Jepara, dan kota lainnya. Di Jakarta saja sudah ada 10.530 warga yang mengungsi karena tempat yang mereka tinggali terendam banjir. Masih banyak ribuan warga kota-kota lainnya yang mengalami penderitaan yang sama.
Pada saat ini para pengungsi yang sedang tinggal sementara di posko pengungsian benar-benar membutuhkan bantuan. Mereka sedang kesusahan mencari air bersih untuk mandi, masak, maupun minum. Mereka juga membutuhkan bantuan makanan, obat-obatan, keperluan bayi, dan masih banyak lagi. Walaupun hanya sementara, dengan tinggalnya mereka di posko pengungsian membuat barang-barang yang mereka miliki di rumah menjadi terlantar.
Aktivitas warga Indonesia yang mengakibatkan banjir pasti telah dilakukan karena banjir sudah datang. Apabila warga Indonesia tidak melakukan penebangan liar, membuang sampah sembarangan, dan kegiatan lain yang dapat mengakibatkan banjir sebelum banjir datang, maka banjir hanya memiliki kemungkinan kecil untuk terjadi.
Begitu banyak warga dari berbagai kota yang sedang mengalami musibah banjir bahkan sampai mereka harus tinggal sementara di posko pengungsian sampai banjir yang merendam rumah mereka surut. Walaupun begitu, mereka tidak harus terus mengeluh dan bersedih karena sesungguhnya banyak pula kegiatan bermanfaat yang bisa mereka lakukan di posko. Bukan hanya tiduran, bersedih, mengeluh, tetapi mereka bisa melaksanakan Sholat fardhu  5  waktu, Shalat sunah lebih rajin, atau puasa karena hanya ada sedikit makanan di sana. Bagi warga Indonesia yang wilayahnya tidak terkena banjir lebih baik memberi bantuan kepada warga-warga yang terkena banjir.
Apabila banjir telah surut nanti, semoga warga bisa secepatnya kembali ke rumah masing-masing,  semoga warga yang terkena banjir telah introspeksi diri apakah mereka sering melakukan kegiatan yang dapat mengakibatkan banjir atau tidak, dengan begitu semoga pula mereka bisa memilih kegiatan yang tidak mengakibatkan banjir dan menghindari kegiatan yang dapat mengakibatkan banjir karena bila mereka melakukannya lagi banjir bisa saja datang lagi dan merugikan banyak orang.
Warga Indonesia, banjir benar-benar melanda banyak kota di Indonesia yang merugikan banyak orang. Mari kita hindari kegiatan-kegiatan yang dapat mengakibatkan banjir sehingga banjir tidak melanda Indonesia lagi. Beberapa kegiatan sederhana yang bisa kita lakukan adalah menjaga lingkungan dan menanam pohon pada lahan yang kosong sehingga air hujan ada yang meresap dan saluran air tidak tersumbat.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Popular Posts