Karakter Remaja Islami


teks eksposisi:Karakter Remaja Islami
oleh:yunus akbar surya putra (yunus/7 A/26)


Pada saat ini karakter remaja islami sudah luntur ,banyak remaja islami yang melakukan hal hal yang tidak dianjurkan oleh agama ,salah satunya adalah perbuatan berpacaran atau berduaan di tempat yang sepi ,banyak remaja perempuan yang menggunakan pakaian yang tidak menutup aurat dan pergi ke tempat hiburan malam.

oleh sebabnya harus diakui remaja masa kini yang tidak sesuai ajaran agama islam ,banyak munculnya kasus seperti pelecehan seksual  sepertihalnya rekaman atau video asusilla yang membuat remaja masa kini terjerumus hal hal yang membuat pikiran remaja menjadi rusak dengan di tambah lagi dengan peredaran narkoba yang membabi buta remaja tersebut .

oleh karena itu kita harus merubah ahklak remaja tersebut menjadi lebih baik ,kita harus memberi pendidikan karakter yang dapat diberikan kepada remaja .agar para remaja bisa di beri nilai nilai religius supaya bisa menjadi manusia yang peka terhadap lingkungan sosial.





Teks eksposisi: Karakter Remaja Islami
Oleh: Nabila Rahmananda Komara (Bella 7A/16)


Anak remaja Islami jaman sekarang sudah mulai banyak yang terpengaruh oleh budaya barat. Apalagi di bidang penampilan. Mereka menggunakan busana yang seharusnya mereka tidak pakai, yaitu busana yang mini dan terlihat auratnya.
Tidak hanya penampilan, di bidang keagamaan juga. Mereka sering meninggalkan Sholat dan jarang membaca Al-Qur’an hanya karena mereka tengah sibuk membaca novel, BBM, Twitter, Facebook, atau sosial media lainnya.
Mereka juga lebih sering menggunakan uang mereka untuk menonton film di bioskop bersama teman-teman daripada digunakan untuk menabung atau bersedekah.
Kegiatan mereka di rumah bukan membantu orang tua atau belajar, tetapi mereka jauh lebih sering menonton film di televisi, bermain telfon genggam tanpa henti, tiduran, bermain Play Station, dan kegiatan-kegiatan lain yang hanya membuat mereka senang, tetapi kurang bermanfaat untuk masa depannya.
Banyak pula remaja Islami yang sudah menjalin hubungan dengan lawan jenis, yaitu hubungan lebih dari teman. Tidak jarang kita berjumpa dengan pasangan-pasangan remaja di mall.
Hal-hal tersebut sungguh memprihatinkan karena mereka mengikuti budaya asing yang tidak menonjolkan bahwa mereka adalah remaja yang beragama Islam. Sebagai seorang remaja, seharusnya mereka sudah mulai mengerti mana yang benar dan yang salah. Pada hal ini, yang benar adalah menjalankan perintah agama tanpa terpengaruh oleh budaya asing.
Pada bidang penampilan, remaja-remaja Islami seharusnya berpakaian yang sopan dan rapi, menutup aurat, dan memakai kerudung. Namun apabila masih belum berniat untuk memakai kerudung pada saat jalan-jalan, setidaknya mereka menggunakan pakaian yang sopan, contohnya memakai celana atau rok panjang dengan kaos berlengan panjang atau pendek. Pakaian tersebut begitu sederhana, namun tetap terkesan sopan ketika orang lain melihat.
Remaja-remaja Islami seharusnya mengingat waktu dan menggunakan waktu dengan sebaik mungkin. Mereka tidak suka menunda pekerjaan apabila mereka bisa melakukannya sekarang juga. Apabila sudah masuk waktu Sholat, maka Sholatlah mereka tanpa mengecek telfon genggam mereka lagi. Mereka juga seharusnya mengerti waktu bersenang-senang dan waktu belajar. Bila mereka mengerti tentang hal itu, mereka tidak akan menyia-nyiakan waktu mereka hanya untuk membaca BBM dari teman.
Jaman sekarang uang bagi para remaja sudah mulai penting dan bisa dibilang mudah untuk mendapatkanya. Sayangnya mereka tidak menggunakan uang tersebut dengan baik, lebih tepatnya mereka lebih suka memboroskan uang untuk pergi menonton film, makan-makan, dan kegiatan lain yang biasa mereka lakukan ketika berada di mall bersama teman-teman mereka. Padahal, remaja Islami seharusnya lebih suka menyisihkan sebagian uang mereka untuk disedekahkan, dan sisanya untuk jajan di sekolah.
Remaja Islami berbeda dengan remaja-remaja lainnya. Seharusnya remaja Islami sangat senang ketika membantu orang tua karena seharusnya itulah hobinya. Mereka juga seharusnya bisa mengatur waktu mereka di rumah sehingga apa yang mereka lakukan telah terjadwal dengan baik.
Para remaja Islami harus pula menjaga pergaulan mereka. Mereka tidak terlalu dekat dengan lawan jenis. Bukan berarti bahwa mereka tidak berteman. Para remaja Islami tetap menjalin pertemanan dengan sesama jenis maupun lawan jenis, tetapi mereka juga harus mengerti batas-batas pertemanan sehingga mereka harus menjaga pergaulan mereka.

Kita sudah mengerti bahwa karakter remaja Islami adalah yang telah dibaca tadi, yaitu remaja yang bisa menjaga aurat mereka, mengerti waktu, menggunakan uang dengan baik, suka membantu orang tua, serta menjaga pergaulan mereka. Mari kita wujudkan karakter remaja Islami yang sesungguhnya kepada remaja-remaja Islami yang telah terpengaruh oleh budaya barat. Mari lakukan ini untuk masa depan kita juga karena sesungguhnya para remaja jaman sekarang inilah masa depan kita.







Tania Rahmasari


7A-24


Sebelum mendefinisikan apa itu karakteristik remaja islami, alangkah baiknya kita mendefinisikan terlebih dahulu arti dari masing-masing kata tersebut. Karakteristik adalah ciri-ciri orang yang dapat dilihat, diamati, dan dideskripsikan. Remaja merupakan masa pertengahan antara anak-anak dan dewasa, biasanya pada usia remaja antara umur 10 sampai dengan 21. Sedangkan Islami adalah perilaku yang mengikuti kaidah Islam. Sehingga karakteristik remaja islami dapat didefinisikan sebagai ciri-ciri remaja yang mengikuti kaidah Islam. Misalnya melaksanakan sholat lima waktu, menjaga lisan dan perbuatan serta berbakti kepada orang tua. Remaja juga harus mencari karakteristik yang positif seperti belajar kelompok, menuntut ilmu, dan lain sebagainya.

    Pada zaman sekarang ini, terkadang remaja belum mampu membedakan kebutuhan rohani, jasmani, dan fisik. Remaja lebih suka melakukan hal-hal yang menurut mereka lebih menyenangkan dan lebih modern, padahal yang mereka lakukan banyak yang berlawanan dengan kaidah islam. Apalagi remaja memiliki tingkat emosional yang tinggi dikarenakan dalam masa pertumbuhan, perkembangan fisik, serta keinginan yang tinggi untuk selalu diperhatikan dan dianggap lebih. Ada beberapa hal yang buruk yang dilakukan oleh remaja sekarang.  Misalnya pacaran. Padahal, Islam mengajarkan tidak boleh pacaran sebelum menikah. Namun zaman sekarang, banyak sekali para remaja yang ingin pacaran dengan lawan jenis.
Remaja putri banyak yang mengenakan pakaian yang terbuka dan menurut mereka lebih gaul dan lebih modern. Padahal, islam mengajarkan wanita untuk menutup auratnya agar terhindar dari perzinahan dan pelecehan. Sebenarnya, masih banyak fakta bahwa remaja cenderung lebih mementingkan mengikuti kenajuan zaman daripada mengikuti ajaran islam.
Sebagai umat Islam, pastilah kita tahu bahwa kita memiliki Al-Qur’an yang berisikan petunjuk hidup. Apabila kita melakukan dan mengamalkan hal-hal sesuai dengan apa yang diajarkan islam, insya allah hidup kita lebih terarah dan bermanfaat. Memperbanyak amal ibadah, melaksanakan perintah Allah dan menjauhi dari larangannya, serta mengubah perilaku remaja yang berorentasi pada modernitas ke orientasi kaidah Islam. Perubahan perilaku tersebut dapat dimulai dari diri sendiri secara perlahan, untuk mencapai tujuan kita harus bersabar, berusaha dan berserah diri kepada Allah.

     Jadi, marilah kita mulai dari diri sendiri untuk menanamkan pentingnya karakteristik remaja islami, agar hidupnya lebih bermanfaat.





Oleh : Juventia Amanda(Amanda)
 Pada umumnya,remaja merupakan aset masa depan bangsa,dan khususnya pada keluarga.Remaja harus memiliki karakteristik yang unggul agar sukses di masa depan.Begitu pula dgn karakteristik remaja islami.Remaja islami juga harus memiliki karakteristik yg baik dan unggul yg sesuai dengan ajaran agama.Tetapi pada jaman sekarang,byk remaja yg jarang memiliki karakteristik remaja yang baik.
            Di era globalisasi,byk remaja muslim yang tidak sesuai dgn ajaran agama muslim.Diantaranya adalah cara berpakaian.Sekrang,byk remaja muslim yg berpakaian tdk menutup aurat.Dan byk juga perempuan muslim yg tidak memakai kerudung saat berpergian tapi mengenakan pakaian yg ketat dan tidak menutup aurat.Selain cara berpakaian yg tidak sesuai,ada juga sopan santun remaja muslim yang kurang baik.Jaman sekarang, banyak remaja muslim yang sopan santunnya tdk sesuai dgn ajaran agama muslim.Misalnya mengejek teman,membantah perintah orang tua,berbohong,dan kurang sopan terhadap guru.Remaja muslim byk yg kurang berperilaku sopan terhadap orang-orang disekitar mereka.Itulah yg membuat karakter remaja muslim semakin tidak sesuai dengan ajaran agama.
              Agama Islam mengajarkan pada kita semua yang baik,dan mengajarkan kita untuk bisa membedakan yang baik dan buruk.Sama halnya dengan karakter remaja muslim.Contoh karakter remaja muslim yang baik dan benar menurut agama diantaranya adalah berpakaian menutup aurat,lemah lembut,menuruti perintah orang tua,sopan terhadap teman,berkata jujur,dan selalu menghormati guru.Tetapi,apakah remaja muslim saat ini memiliki karakter yg diharuskan agama islam saat ini?Kebanyakan remaja muslim terpengaruh oleh seiring berkembangnya era globalisasi saat ini.Dan banyak remaja muslim yg tidak selektif dlm memilih antara mana budaya baik dan mana budaya yg buruk.Seperti berpakaian yg ketat dan tidak menutup aurat,membantah perintah org tua,mengejek teman. Karakter remaja muslim seperti itu membuat remaja muslim tidak sukses di masa depan.Untuk itu,kita harus membangun karakter remaja muslim yg baik dan unggul dari sekarang.Caranya dengan memperbaiki kebiasaan para remaja muslim yg kurang sesuai.
               Seperti contohnya,dlm hal berpakaian.Remaja muslim saat ini sering memakai pakaian yg tidak menutup aurat dan pakaian yg ketat.Dan byk perempuan muslim yg tidak memakai kerudung saat berpergian.Agama Islam mengajarkan,agar kita harus memakai pakaian yg menutup aurat dan tidak ketat.Agar kita bisa berpakaian sesuai yg telah diajarkan agama,mulailah dgn berpakaian yg menutup aurat,dan tidak ketat.Setelah terbiasa memakai pakaian yg menutup aurat dan tidak ketat,biasakan diri dengan memakai kerudung(Bagi perempuan muslim).Dengan begitu,remaja muslim bisa berpakaian seperti yg disesuaikan agama meskipun di era globalisasi saat ini.
               Setelah cara berpakaian yg baik dan benar,karakteristik remaja muslim yang utama adalah sopan santun remaja muslim.Remaja muslim saat ini sering kurang sopan terhadap orang-orang di sekitarnya.Agama Islam mengajarkan untuk bersopan santun terhadap orang-orang di sekitar kita.Untuk itu,mulailah dengan bersikap sopan terhadap orang-orang di sekitar kita.Misalnya dgn cara menghormati guru,bersikap sopan terhadap teman,dan menuruti perintah orang tua pada kita.
              Remaja muslim harus memiliki karakteristik yg unggul agar sukses dimasa depan.Maka dgn itu,para remaja muslim harus mulai bersikap yg sesuai dgn ajaran agama Islam,agar remaja muslim memiliki karakteristik yg unggul.





Remaja Muslim Saat Ini

                Di era globalisasi, banyak remaja muslim yang sudah tidak sesuai dengan ajaran agama. Salah satunya adalah cara berpakaian yang tidak menutup aurat. Sebagian besar remaja muslim saat ini tidak berkerudung dan berpakaian yang pendek-pendek. Padahal sekarang perempuan muslim sudah merdeka. Tidak seperti masa jahiliyah yang perempuan itu tertindas. Namun, kemerdekaan itu tidak dapat digunakan dengan baik oleh para remaja muslim.
                Kemudian dari segi sosialisasi, banyak sekali remaja muslim berpacaran dan bersentuhan yang bukan muhrimnya. Banyak sekali kerugian yang didapat jika sejak remaja kita sudah berpacaran. Yaitu turunnya prestasi belajar dan dapat terjadi hal buruk seperti penganiayaan, penculikan hingga pembunuhan. 
                Lalu dari segi agama banyak remaja muslim yang Islam-nya hanya ada di KTP. Karena mereka mengaku muslim tetapi tidak melaksanakan shalat, puasa, zakat, dll. Namun dibalik itu semua, masih ada hal lain yang dapat dibanggakan. Misalnya para remaja muslim yang mau shalat berjamaah di masjid dan mau menghafalkan Al-Qur’an. 
Selain itu, dari segi kesantunannya banyak sekali remaja muslim yang berbuat tidak seharusnya. Itu terjadi karena kurangnya pembelajaran sikap yang sesuai dengan ajaran agama. Contohnya banyak remaja muslim yang pergi ke mall hanya untuk nongkrong bersama teman.
Sebagai remaja muslim, taat kepada Allah dan rasul-Nya adalah perintah. Sehingga, setiap ajarannya harus kita ikuti. Salah satunya menutup aurat. Kita mungkin tidak bisa langsung instan menggunakan jilbab terus-menerus. Tetapi setidaknya dengan berpakaian panjang dan tidak membentuk tubuh hingga lama-kelamaan mantap berkerudung. 
Begitu juga dengan pacaran. Di dalam Islam tidak dikenal istilah pacaran. Tetapi malah banyak dari remaja muslim yang melakukannya. Maka dari itu, diperlukan suatu pembelajaran tentang hubungan seks kepada para remaja. Karena dilihat dari dampaknya, tidak ada keuntungannya jika kita berpacaran, malah dapat membawa kita ke arah yang tidak baik. Misalnya pergi berduaan, berpegangan, dll.
Kalau untuk remaja yang Islam-nya hanya di KTP, kesadarannya berasal dari dua arah. Yang pertama ajakan orang lain dan yang kedua kesadaran dari diri sendiri. Ajakan orang lain bisa dari ceramah-ceramah atau pengajian. Jika kesadaran dari diri sendiri, mungkin sudah merasa jika banyak waktu yang terbuang sia-sia. Untuk remaja muslim yang sudah melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, tetap harus bermuhasabah atau instropeksi diri, tetap rajin beribadah, bersikap yang baik, dll. Agar dapat menjadi contoh bagi remaja yang lain.
Untuk mengatasi berkurangnya kesantunan pada remaja, perlu diterapkan adanya pembelajaran karakter di sekolah dan juga di rumah. Hal ini dilakukan agar sikap para remaja muslim kembali seperti ajaran agama. Dan sikap yang sesuai ajaran agama dapat menjadikan para remaja dilihat baik oleh orang lain.
Jadi kita sebagai remaja muslim yang baik, harus dapat menghindarkan diri dari perbuatan yang tidak baik. Seperti tidak menutup aurat, berpacaran, tidak berperilaku santun hingga mengaku Islam tapi tidak melaksanakan perintah-Nya. Semua itu dapat dimulai sejak saat ini.




SALMA RILIANT ALFIANI

7A / 23





Karakter Remaja Islam

 Karakter remaja Islam jaman sekarang sudah mulai banyak yang terpengaruh oleh budaya barat. Apalagi dibidang penampilannya. Mereka menggunakan busana yang seharusnya mereka tidak pakai, yaitu pakaian yang terlihat auratnya, minim, dan walaupun memakai kerudung tetapi baju yang digunakan adalah pakaian yang ketat.








Karakteristik Remaja Islam
Oleh : Salfa Diaz/7A/22


Pada masa remaja merupakan aset masa depan bangsa khususnya pada keluarga.Remaja yang harus memiliki karakteristik yang unggul agar sukses dimasa depan, begitu pula dengan karakteristik remaja islam.
Di era globalisasi sekarang banyak remaja yang bergaya hidup tidak sesuai agama,contohnya dalam gaya berpakaian , gaya berbicara khususnya dengan orang yang layak dihormati seperti orang tua dan guru disamakan dengan berbicara dengan teman atau bahkan dengan bahasa gaul.Gaya hidup di negara barat banyak dicontoh karena terbukanya saluran informasi dan media seperti film,televisi dan internet.
Sebagai remaja islam yang menjadi harapan timbulnya peradaban baru yang lebih berahklak dan teguh dalam memegang prinsip agama islam mestinya memiliki karakteristik yang tegas, lembut dalam keseharian dan sopan dalam tingkah laku, berbicara dan bergaul.
Cara berbicara yang sopan adalah tidak berbicara seenaknya baik dengan teman terlebih dengan yang lebih tua dan sayang pada yang lebih muda.
Bersikap yang baik kepadam orang tua, guru dan teman dan pada siapa saja , sopan dan bisa menghargai orang lain, tidak sombong dan congkak.
Dalam hal berpakaian , remaja islam harus tertutup seluruh auratnya , tidak ketat dan menunjukkan lekuk – lekuk tubuhnya setiap keluar rumah.
Remaja islam yang baik juga harus menjaga kedisiplinan seperti halnya disiplin dalam melaksanakan sholat lima waktu yang tepat waktu, maka seharusnya dalam hal pengamalan sehari – hari juga harus senantiasa tepat waktu dan disiplin.
Remaja islam tidak boleh ketinggalan ilmu pengetahuan dan informasi yang positif karena islam mengajarkan untuk belajar sampai kenegeri Cina bila perlu.Ilmu pengetahuan harus dikuasai dan dipelajari dengan sungguh-sungguh dan penuh ketekunan dan kesabaran karena tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras dan kesungguhan disertai doa dan kesabaran.

Tidak mudah memang semua karakteristik remaja islam yang harus dijalani dan dilaksanakan setiap remaja islam, akan tetapi dengan kesungguhan , kesabaran dan doa – doa setiap saat maka usaha yang sungguh-sungguh pasti akan dikabulkan Allah dan senantiasa medapatkan kebahagiaan yang haqiqi di dunia dan akherat.





KARAKTER REMAJA ISLAMI
       
Pada masa ini,karakter remaja islami Indonesia sudah mulai terpengaruh dengan budaya asing.Tidak hanya remaja putri,tapi remaja putra pun juga sudah mulai terpengaruh.Bidang – bidang yang paling ber pengaruh,yaitu bidang penampilan,bidang agama,dan bidang sosialisasi.
        Di bidang agama,pengaruh terbesar pada remaja islami Indonesia adalah banyak remaja yangsering meninggalkan sholat.Terkadang ketika sedang berjalan – jalan di mall,mereka jarang sekali mengunjungi mushola untuk sholat sejenak.Selain itu,remaja masa kini lebih memilih membaca novel dibandingkan membaca Al-Qur’an.
        Di bidang penampilan,pengaruh terbesar pada remaja islami Indonesia adalah banyak remaja yang memakai pakaian yang minim.Khususnya pada remaja putri.Pakaian yang mereka pakai sangat tidak sesuai dengan usia mereka.Seperti memakai sepatu ber-hak tinggi,berbaju yang memperlihatkan aurat,berpakaian ketat,dan memakai perhiasan yang bernilai mahal.
        Kemudian dari bidang sosialisasi,pengaruhnya adalah ketika para remaja menggunakan media sosial.Seperti yang kita lihat di tv – tv,banyak remaja yang kecanduan menggunakan media sosial,dan akibatnya remaja – remaja tersebut,tertipu oleh orang yan belum dikenal,hingga akhirnya diculik dan hilang entah kemana.Akibat lain yang biasanya terjadi adalah timbulnya pergaulan bebas dari para remaja tersebut.
        Maka dari itu,di bidang agama,para remaja diperlukan pembelajaran yang lebih mengenai agama.Khususnya yang berhubungan dengan sholat.Oleh karena itu,agama sangat berperan penting bagi remaja.Karena sholat merupakan tiang agama,dan sholat merupakan amalan yang pertama di hitung ketika di akhirat nanti.
        Jika di bidang penampilan,remaja – remaja tersebut seharusnya bisa menyadarkan diri merekan sendiri.Mungkin mereka bisa mulai membaca buku – buku yang berisikan tentang pakaian – pakaian yang menutup aurat,dan buku yang berisi tentang bagaimana cara memakai hijab / jilbab
        Kemudian di bidang sosialisasi,remaja – remaja tersebut masih diperlukan orang yang lebih tua,agar lebih aman,sehingga mereka tidak akan kecanduan.Selain itu,sebaiknya perlu dibuat batas waktu bermedia sosial.Hal tersebut bertujuan untuk mencegah remaja menggunakan media sosial dengan berlebihan.
        Jadi,dari semua karakter remaja islami Indonesia masa kini,dalam bidang apapun,itu ada sisi baik dan buruknya.Coba pikirkan apabila remaja Indonesia bersisi buruk,Indonesia tidak akan bisa maju,karena remaja merupakan masa depan bangsa Indonesia.Maka,Pendidikan karakter sudah harus dikembangkan sejak kecil.

Nadia Rizki Pramesti Setya Putri

VII A / 19






Karakter Remaja  Islami

    Pada zaman sekarang,karakter remaja islami sudah mulai luntur.Banyak remaja islam yang melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan peraturan agam islam.Sekarang banyak kita temukan remaja islam yang berpacaran,tawuran,dan memakai pakaian yang tidak menutup aurot.
    Harus kita akui,remaja islam jaman sekarang mendapatkan ujian yang berat,melimpahnya foto dan vidio asusila serta budaya barat yang tidak baik tentunya membuat remaja masa kini menghadapi masalah besar.Ditambah lagi dengan pengedaran narkoba yang membabi buta.
     Sejatinya perilaku orang islam itu meneladani uswatun khasanah kita nabi muhammmad SAW.
     Untuk mewujudkan remaja islam yang berkarakter islami dibutuhkan pendidikan yang mengajarkan akhlak dan perilaku yang meneladani nabi muhammmad SAW.Tidak harus sama persis,yang gerpenting adalah remaja islami sudah berusaha sebaik mungkin untuk meneladani nabi muhammmad SAW.
     Selain itu,bimbingan orang tua juga menjadi sesuatu yang sangat penting.Jika kita perhatikan sekarang ini banyak orang tua yang terlalu sibuk bekerja sehingga tidak sempat membimbing anak remajanya.Padahal masa remaja adalah masa yang paling rawan.Jika orang tua tidak menjelaskan hal-hal yang harus dan tidak boleh dilakuakan,bisa fatal akibatnya.
     Dan selain dua hal itu,faktor lingkungan juga menjadi hal yang penting.Sekarang ini banyak remaja yang berperilaku buruk karena terpengaruh oleh lingkungannya yang banyak orang buruknya juga.Karena itu,kita harus menciptakan lingkungan yang bisa membuat para remaja manjadi berakhlak mulia.
     Remaja islam yang berkarekter islami akan takut berbuat hal buruk karena reaja tersebut tau jika semua perbuatannya akan dipertanggung jawabkan kepada alllah di akhirat.Sehingga faktor kejahatan bisa ditekan.Dan untuk mewujudkan itu semua,ORTU harus menyadiakan pendidikan akhlak kepada anak remaja,membimbingnya,dan menciptakan lingkungan yang kondusif.Selain itu,dibutuhkan juga pelajaran dari para remaja.Jadi mari kita mulai melakukan semuanya itu.
 






Karakter Remaja  Islami
    Pada zaman sekarang,karakter remaja islami sudah mulai luntur.Banyak remaja islam yang melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan peraturan agam islam.Sekarang banyak kita temukan remaja islam yang berpacaran,tawuran,dan memakai pakaian yang tidak menutup aurot.
    Harus kita akui,remaja islam jaman sekarang mendapatkan ujian yang berat,melimpahnya foto dan vidio asusila serta budaya barat yang tidak baik tentunya membuat remaja masa kini menghadapi masalah besar.Ditambah lagi dengan pengedaran narkoba yang membabi buta.
     Sejatinya perilaku orang islam itu meneladani uswatun khasanah kita nabi muhammmad SAW.
     Untuk mewujudkan remaja islam yang berkarakter islami dibutuhkan pendidikan yang mengajarkan akhlak dan perilaku yang meneladani nabi muhammmad SAW.Tidak harus sama persis,yang gerpenting adalah remaja islami sudah berusaha sebaik mungkin untuk meneladani nabi muhammmad SAW.
     Selain itu,bimbingan orang tua juga menjadi sesuatu yang sangat penting.Jika kita perhatikan sekarang ini banyak orang tua yang terlalu sibuk bekerja sehingga tidak sempat membimbing anak remajanya.Padahal masa remaja adalah masa yang paling rawan.Jika orang tua tidak menjelaskan hal-hal yang harus dan tidak boleh dilakuakan,bisa fatal akibatnya.
     Dan selain dua hal itu,faktor lingkungan juga menjadi hal yang penting.Sekarang ini banyak remaja yang berperilaku buruk karena terpengaruh oleh lingkungannya yang banyak orang buruknya juga.Karena itu,kita harus menciptakan lingkungan yang bisa membuat para remaja manjadi berakhlak mulia.
     Remaja islam yang berkarekter islami akan takut berbuat hal buruk karena reaja tersebut tau jika semua perbuatannya akan dipertanggung jawabkan kepada alllah di akhirat.Sehingga faktor kejahatan bisa ditekan.Dan untuk mewujudkan itu semua,ORTU harus menyadiakan pendidikan akhlak kepada anak remaja,membimbingnya,dan menciptakan lingkungan yang kondusif.Selain itu,dibutuhkan juga pelajaran dari para remaja.Jadi mari kita mulai melakukan semuanya itu.


Karakter Remaja  Islami
    Pada zaman sekarang,karakter remaja islami sudah mulai luntur.Banyak remaja islam yang melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan peraturan agam islam.Sekarang banyak kita temukan remaja islam yang berpacaran,tawuran,dan memakai pakaian yang tidak menutup aurot.
    Harus kita akui,remaja islam jaman sekarang mendapatkan ujian yang berat,melimpahnya foto dan vidio asusila serta budaya barat yang tidak baik tentunya membuat remaja masa kini menghadapi masalah besar.Ditambah lagi dengan pengedaran narkoba yang membabi buta.
     Sejatinya perilaku orang islam itu meneladani uswatun khasanah kita nabi muhammmad SAW.
     Untuk mewujudkan remaja islam yang berkarakter islami dibutuhkan pendidikan yang mengajarkan akhlak dan perilaku yang meneladani nabi muhammmad SAW.Tidak harus sama persis,yang gerpenting adalah remaja islami sudah berusaha sebaik mungkin untuk meneladani nabi muhammmad SAW.
     Selain itu,bimbingan orang tua juga menjadi sesuatu yang sangat penting.Jika kita perhatikan sekarang ini banyak orang tua yang terlalu sibuk bekerja sehingga tidak sempat membimbing anak remajanya.Padahal masa remaja adalah masa yang paling rawan.Jika orang tua tidak menjelaskan hal-hal yang harus dan tidak boleh dilakuakan,bisa fatal akibatnya.
     Dan selain dua hal itu,faktor lingkungan juga menjadi hal yang penting.Sekarang ini banyak remaja yang berperilaku buruk karena terpengaruh oleh lingkungannya yang banyak orang buruknya juga.Karena itu,kita harus menciptakan lingkungan yang bisa membuat para remaja manjadi berakhlak mulia.
     Remaja islam yang berkarekter islami akan takut berbuat hal buruk karena reaja tersebut tau jika semua perbuatannya akan dipertanggung jawabkan kepada alllah di akhirat.Sehingga faktor kejahatan bisa ditekan.Dan untuk mewujudkan itu semua,ORTU harus menyadiakan pendidikan akhlak kepada anak remaja,membimbingnya,dan menciptakan lingkungan yang kondusif.Selain itu,dibutuhkan juga pelajaran dari para remaja.Jadi mari kita mulai melakukan semuanya itu.



Oleh:muhammad Nabil Naufal






4 komentar:

Admin mengatakan...

thanks bermanfaat artikelnya
visit my blog Kolom eBook

Unknown mengatakan...

Salam kenal...
Artikelnya sangat menarik dan bermanfaat
oya dan saran dikit kalau bisa artikelnya di tambah gambar agar lebih menarik..
oya kalau untuk info soal kaos kaki muslimah apa ada yang tau?...

Unknown mengatakan...

bagus minn... bagi yang mau nambah ilmu tentang islam, bisa juga kunjungi http://forumdakwahmuslim.blogspot.com/
mudah2han bermanfaat...
"Senyuum"

Unknown mengatakan...

izin share min

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Popular Posts