BANJIR DI JATENG

        Saat ini, banjir melanda Jawa Tengah. Memang sih, saat ini hujan tak pernah berhenti. Dari pagi sampai malam hujan terus. Walaupun sudah reda, angin tetap berhembus dan awan tetap hitam. Salah satu kota di Jawa Tengah yag tenggelam banjir adalah Jepara, Demak, Kudus, Pati, dan Semarang. Tetapi di Semarang, hanya bagian bawah saja yang terkena banjir.
Faktor penyebab banjir antara lain adalah membuang sampah di got. Akibatnya, got menjadi tersumbat dan air tidak bisa mengalir disana. Sama juga dengan air rob yg tidak bisa mengalir di got. Factor penyebab yang lain adalah dijalanan kekurangan pohon, yang menjadikan air tidak bisa menyerap ke tanah dan akhirnya air hujan menetap di atas tanah. Sama halnya dengan penebangan pohon yang secara sembarangan. Air tidak bisa terserap ke tanah karena akar pohon sudah tak bisa berfungsi lagi.
Banjir adalah sebuah bencana, semua bencana pasti ada akibatnya kan?? Akibatnya banyaak sekaliii. Salah satunya kita kehilangan tempat tinggal karena rumah kita terendam air. Selain rumah kita, barang  berharga kita juga pasti ada yang hilang terbawa arus. Biasanya, jika arus banjir sangat deras, ada orang yang lemas atau kehilangan keseimbangan bisa “hanyut” terbawa arus L.
Banjir juga mendatangkan penyakit. Antara lain flu, gatal-gatal akibat iritasi air banjir yang kotor, demam, dan lain-lain. Jika kita mengungsi di tempat pengungsian banjir yang letaknya tidak jauh dari lokasi banjir, pasti ada bantuan dari dinas kesehatan atau petugas puskesmas yang datang membantu. Kekurangan makanan juga akan membuat kita sakit. Maka, tak jarang kami menyumbangkan sembako untuk para korban bencana. Di sekolahku, aku diajak menyumbangkan beberapa peralatan bayi dan sembako. Aku menyumbangkan sedikit popok bayi, minyak telon, dan tissue basah.
Jadi, untuk menghindari banjir disekitar kita, ayo kita menanam pohon di jalanan dan membuang sampah pada tempatnya. Kebiasaan ini harus dimuai sejak dini agar terbiasa melakukannya sampai besar nanti. Soal menanam pohon, sekolah-sekolah bisa mengadakannya minimal 1 tahun sekali.
Kansha Fathiya =^.^=

7A/14

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Popular Posts