BANJIR

           Sekarang ini sering terjadi banjir. Contohnya di Indonesia daerah tertentu seperti Jakarta dan Semarang bagian bawah. Banjir adalah salah satu bencana alam yang disebabkan oleh perbuatan manusia yang tidak peduli terhadap lingkungan. Banjir dapat menyebabkan terjadinya penyakit seperti penyakit kulit dan demam berdarah, banjir juga dapat menyebabkan terganggunya lalu lintas. Ada beberapa penyebab terjadinya banjir, diantaranya :
            Pertama, manusia membuang sampah sembarangan seperti membuang sampah diselokan. Sampah yang dibuang diselokan dapat menyebabkan banjir. Karena akan menyumbat selokan dan aliran airnya tidak lancar.
            Kedua, penebangan liar dihutan. Menebang pohon harus memilih pohon yang sudah tua. Karena penenbangan liar dapat mengurangi pohon sehingga tidak ada daerha resapan air.
            Banyak peraturan yang dibuat untuk mencegah terjadinya banjir. Tetapi masyarakat banyak yang melanggar peraturan tersebut. Ada beberapa cara mencegah banjir, diantaranya :
            Pertama, sebaiknya pemerintah menyediakan taman yang diisi dengan jenis tanah yang mudah menyerap air dengan pepohonan. Jadi kalau curah hujan tinggi pepohonan itu dapat menyerap air hujan.
            Kedua, meninggikan bangunan rumah. Dengan cara ini kita dapat menyelamatkan barang-barang yang ada dirumah kita, supaya tidak terkena air banjir.  
            Jadi untuk mencegah terjadinya banjir, ayo kita mulai dengan melakukan hal –hal kecil terlebih dahulu. Dimulai dari membiasakan diri mem buang sampah pada tempatnya, dan menanam pohon di lingkungan sekitar.

Isheila Naria
7A / 21

     
                                   




0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Popular Posts